Sabtu, 08 Oktober 2011

Khotbah Idulfitri 1431 H (Bahasa Mangkasara)

Khotbah Idulfitri 1431 H

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ اْلأَكْبَرِ، خَلَقَ الْكَوْنَ وَدَبَّرَ، خَلَقَ اْلإِنْسَانَ ثُمَّ أَمَاتَهُ ثُمَّ أَقْبَرَ، وَأَرْسَلَ الرُّسُلَ وَأَخْبَرَ، وَأَنْزَلَ الْقُرْآنَ الْكَرِيْمَ فِيْهِ الْعِظَاتُ وَالْعِبَرُ، فَهَدَى وَأَحَلَّ وَأَمَرَ، وَنَهَى وَحَرَّمَ وَزَجَرَ.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، صَدَقَ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَأَعَزَّ جُنْدَهُ، وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَهُ، وَهُوَ الْقَائِلُ

سُبْحَانَهُ: يَوْمَ يُسْحَبُونَ فِي النَّارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ ذُوقُوا مَسَّ سَقَرَ. إِنَّا كُلَّ شَىْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ. وَمَآأَمْرُنَآ إِلاَّ وَاحِدَةٌ كَلَمْحٍ بِالْبَصَرِ.

وَأَشْهَدُ أَنْ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَهُوَ خَيْرُ الْبَشَرِ، وَصَاحِبُ الْحَوْضِ الْكَوْثَرِ،

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ الْمُطَهَّرِ، وَعَلَى مَنْ صَاحَبَهُ وَأَزَرَهُ وَوَقَرَ، وَعَلَى التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ فِيْ كُلِّ أَثَرٍ، إِلَى يَوْمِ الْمَحْشَرِ.

أَمَّا بَعْدُ؛ عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ، فَاتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

، فَقَالَ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَـنِ الرَّحِيْمِ

Allahu akbar2x Allahu Akbar kabiran walhamdulillahi katsiran wa subhana lalhi bukrattan waatsila lailaha illa wa Allahu Akbar  walilahihamdi

Matahari  Ramadhan 1431 H telah terbenam. Ia bersembuyi di balik tirai malam. Ia membawa seribu sendu sejuta rindu. Hanya bayang merah di ufuk barat yang tinggal sebagai bekas. Ombak di laut berkejaran saling mendahului untuk pecah bercerai ke tepi pantai. Sesibuk itu pula segerombol burung laut terbang meroket mencari hutan bakau untuk bertengger melepas lelah. Hewan ternak pada pulang ke kandang. Padang gembala lalu sunyi, lengang, kecuali bunyi jangkrik berderai memecah kesunyian malam.


Alhamdulillahi Matahari Ramadhan terbenam,  Tetapi ia tidak terbenam sendiri. Ia tenggelam membawa serta dosa-dosa orang yang berpuasa seperti yang dijanjikan oleh Nabi.

Man shaama ramadhaana iimaanan wahtisaaban ghufiralahuu maa taqaddama min dzambih


Kini mentari 1 Syawal 1431 H telah terbit. Putih berseri awan yang mengaraknya. Seputih busa air di laut. Seputih kerudung ibu-ibu yang mewarnai tempat Shalat Id. Seputih wajah di balik kerudung itu. Seputih hati yang dibalik dada … tiada noda dan tiada setitik noktah. Ibarat kertas tabularasa. Sunyi dan suci dari dosa karena habis puasa.


Allahu Akbar 2x Walillaahil hamd.


Alhamdulillah, teai bawang paranta ummat Islam terpengaruh anne takabbereka, nai iajia , niaki Sannang pippiriki jangang-janganga ri romanga,  Nappidandangmo jukuka ri tamparanga allangngere sa’ra takabberena tau puasaya. Amme’bereki buttayya nataggessongmo langika sanggenna ri arasa kalompoanna Allah Ta’ala ri pammujina atanna. Ooo… karaeng ikauji lompo… maraenganga caddingasengi. Allah Ta’alaji karaeng koasa. Ian nyikkoo Iam moto Ia tonji akkulle allagasi, Iam muno Ia tonji annallassi. Napunna nia tau naganti kalenna… nana kanang… inakke koasa, inakke caradde, inakke pore.. iami anjo nikana tau takabboro.

Naia takabboroka anggesaraki takabbere.

Assengi ke’nang ri ma’nassana. Punna nia tau tuli napau-pau kaporeanna… Allah Ta’ala sallang ampappilambangngangi katoloanna. Napunna nia tau ampatille-tilleangi kakoasanna… Allah Ta’ala antu antibbakkangi callanna.

Jangan karena tahtamu, karena hartamu, karena wanitamu, karena toyotamu lalu engkau berjalan di muka bumi dengan sombong.





Dan janganlah engkau memalingkan mukamu karena sombong dan janganlah berjalan di atas muka bumi dengan angkuh Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang angkuh lagi membanggakan diri  (lukman: 18)


Lonnu kana’ tanjeng sako, sailesai bokonu, antu sunggua sayu’ sallang balasa’na. kammayatompa… punna nia tau napakatuna dudu kalenna ri dallekang pajjarina Allah Ta’ala sa’genna napakalompo saukang, boe’, pantasa, batu lompo, sikko aya, bassi baji, kulau… iami anjo nikana appa’rua. Naia appa’ruaya ammanraki tongi takabbere. Tutakabboroka kammayatompa tuppa’ruaya nataena natoba nampa mate, naraka sallang pammantanganna ma’nannungang

“Laa yadkhulul jannah mankaana fii qalbihii mitsqaala dzarratin minal kibriyaa”

Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada kesombongan meskipun sebesar biji sawi.

Taena nantama ri suruga tau niaka takabboro ri atinna manna nakamma ingkong sama-samayya lompona.


Allahu Akbar 2x Walillaahil hamd.

Jamaah Id yang berbahagia

Matahari bulan syawal  tersembul di ufuk timur perlahan-lahan ia makin naik dan perlahan-lahan lagi ia cerah, secerah hati ummat Islam yang berbondong-bondong memenuhi tempat Shalat Id. Dengan pakaian baru, jiwa baru dengan parfum mewangi menusuk hidung. Mereka gembira oleh sebab itu ia bersorak-sorai… Allaahu Akbar walillaahi hamd.


Betapa hati ini tidak gembira karena: (disebut berulang 3x)
Kita pulang dari perang besar melawan nafsu selama sebulan dan kita menang.
Kita selesai ujian dengan hasil yang sangat memuaskan.
Kita kembali dari suatu perdagangan dengan keuntungan 7000 %, bahkan taena nakkulle nirekeng
Ibarat pendaki gunung kita sudah sampai di puncak, kita gembira luar biasa padahal nikmat ini baru di dunia dan jauh tidak sebanding dengan nikmat nanti di akhirat


Ta’rapimaki anne kamma ri pallappasang pittaraka. Rapi’-rapi’ taung pole nilaloangmi sedeng. Sibulang sallona ri bulang rumallanga akkusiang, appuasa, assambayang tarawe siagang appitara nakibattumo anne allappasa. Naiya tosseng pa’lappassang labattua, upa’paki naki rapikang. Kapunna battumo bodoa, gassing le’baki tau sanna salewanganna, taena nagarring taena todong pa’risi’na taniasseng pa’sabakanna nati’ring lingka ri anja,  . Kicinissai ridallekanta, ribokota, kisaileimi ri kanang ri kairinta, assa nia’na tau kiboya-boya pa’mai, bura’nentaka, bainenta, anattaka, amma’ta, bapa’taka, nene’ta, purinantaka, kamanakang, iyareka nabija pammanakanta. Mua-muanna rupanna, sa’ranna ta’bayang tabbialo. Batangkalenna taenami, ammaliangmi ri anja, ta’dongko’mi ri tubung-tubungna, ri tampa simemangnganna, ri assala kajarianna.

Di hari baik seperti ini, kegembiraan memang kadangkala diikuti rasa haru dan sedih. Pikiran dan ingatan kita seringkali menerawang ke masa lalu. Kenangan manis dan kenangan pahit kini muncul kembali. Sanak keluarga yang telah tiada kembali terasa seperti ada. Wajah mereka terbayang lagi. Suara mereka terngiang kembali. Padahal mereka sudah tiada. Yang tinggal hanya potret mereka yang tergantung.


Mereka yang hidup menduda ingat isteri tercinta. Janda ingat suami tersayang. Orang tua yang ditinggal mati anaknya teringat kembali buah hati sibirang jantung. Mereka yang ditinggal mati orang tua entah yatim, entah piatu atau yatim piatu, di saat orang lain mencium tangan dan berpelukan dengan orang tuanya, mereka pasti mencari-cari… di mana gerangan ayah bundaku???

Palla-palla’na anjayya appasisa’la’ tusingai, appasibokoi tau tenang sila’leang.

Rupanya waktu dan ruanglah yang memisahkan kita. Umur mereka di dunia telah habis di telan waktu. Dan cepat atau lambat kita semua yang hadir di tempat ini suatu saat juga pasti ke sana. Demikian waktu berjalan terus-menerus tanpa henti. Hari berganti bulan, bulan pun berganti tahun.

Sehubungan dengan cepatnya waktu berlalu dan akan habisnya usia kita, maka Allah SWT mengingatkan sumpah-Nya terhadap waktu.






Demi waktu. Sungguh manusia berada dalam kerugian. Kecuali yang memanfaatkan waktu untuk beriman, beramal saleh, mengajak kepada kebenaran dan kesabaran.


Allahu Akbar 2x Walillaahil hamd.

Jamaah Id rahimakumullaah

Battu ngasengmaki anne kamma ri tampaka. Ajjulu-julu ta’sinrupa, ajjulu bulu ajjulu tingkoko, ajjulu moncong ajjulu sa’ra, massing attaka’bere. Nakimassing assambayang ruang rakang. Massing ammake baju beru. Naiyasani tassirupayai tanjatta, simmaraeng kaniakkanta, tassingkammayai katallassanta.

Battumi tutinggia pangka’na, turatea empoangna, tuniaka pangngawala’na addongko oto, nisungkeang pakke’bu’na dierangngang sajadana. Battumi tukalumanynyanga ampakacinikangi kaniakkanna. Siagang battu tommi parangku tukamase naerang kasiasina, nanakana atinna…

Pa’rikongangmae kamaseko kodong

Angngapaminne kamasea nasangnging nakkemamo nautungi

Natea kamma a’lesso na alle kalenna

Ammentenga kamase kujunjung

Ajjappa kamase kubinting

Ammempoa kamase kuempoi

Attinroa kamase kukalimbu

Namajai kamma nakke kamaseku

Kanaburunga

Nalimpo-limpoa kamase

Kupalesso iya inji

Kutinra batena inji

Kupisalai na iayamo seng natuju…  Allahu akbar

Kiassengi ri ma’naassana, tau labbirika ri sesena Allah taala teai nasaba tanjatta, teai nalanri empoangta teai tongi nasaba’ pa’barang-baranganta passangngalinna nalanri TAQWA-ta.


Sesungguhnya orang yang mulia di sisi Allah adalah yang paling Taqwa.(Al-hujrat:13)


Allaahu akbar 2x walillaahi hamd

Kaun Muslimin, Muslimat, Remaja atau Anak-anak !

Berbuat baiklah kepada kedua orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua itu hanya satu derajat di bawah pengabdian kepada Allah. Dosa kepada Allah bisa ditunda nanti di hari kemudian di balas. Tapi dosa anak kepada orang tuanya tidak akan ditunda. Dibayar kontan di dunia dan ditambah lagi di akhirat.


Di masa Nabi, seorang pemuda bernama ALKAMAH.

Sejak ia sudah kawin, ia lebih memperhatikan isteri dan mertuanya dari pada ibunya. Pernah sekali… ibunya menyuruh membeli daging, dan dijawab… tidak ada uang.

Alangkah kecewa ibuya ketika melihat anaknya ALKAMAH membawa daging menuju rumah mertuanya, sakit hati sang ibu bercampur kecewa.

Ketika pada suatu waktu ALKAMAH sakit,  tambah hari tambah parah sampai tiba sakaratul maut. Berpuluh hari ia terkatung-katung. Mati tidak hidup pun tidak. Beberapa carapun dilakukan untuk meringankan dia dalam sakarat itu. Kemudian Nabi pun datang dan bertanya: masih adakah ibunya ? Tolong ampuni dia. Bergitu sang ibu mengampuninya ALKAMAH pun lepas dari siksa sakaratul maut kemudian meninggal dengan tenang.


Anakku remajayya

Tealaloko pa’risi atinna tau toanu. Tau toa ampaniaki lisere matannu. Ebara nasuroko aggau pappisangka… nakana Allah Ta’ala teako turukangi ero’na mingka tealaloko terasa’kana mange ri iya.

Tealaloko dorakai ri ruaya tungnganakannu nasaba inai-naimo tau doraka ri tau toana tammutuli antu sallang singara. Nia’ja singara nacini mingka singara lampunnaji PLN.

Kalau anda durhaka kepada kedua orang tua, terutama ibu maka hidupmu akan terlunta-lunta, percayalah, percayalah, percayalah.

Seorang bertanya kepada Nabi.

Kepada siapa saya lebih utama berbuat baik, Nabi menjawab Ibumu lalu kepada siapa Ibumu lalu kepada siapa Ibumu lalu kepada siapa baru Bapakmu.

Kalau bersamaan bapak dan ibu memanggil penuhi dulu panggilan ibu baru bapak. Kalau sementara shalat dipanggil bapak teruskan dulu shalat baru menemui bapak. Tapi… kalau lagi shalat dipanggil ibu hentikan shalatnya, datangi panggilan ibu…, mengapa? Karena…
Ibu mengandungmu 9 bulan 10 hari
Ibu melahirkan dalam ancaman maut meregang nyawa
Ibu menyusui 2 tahun dalam derita di atas derita
Ibu menungguimu dalam sakit sampai sembuh

Sang ibu kalau mempunyai anak lebih dari satu, ada yang sejahtera dan ada yang sengsara, kepada yang sengsara itulah ia selalu datang menjenguk. Kalau ada anaknya yang cacat maka yang cacat itu lebih dicintainya.
Kasih ibu tiada bertepi
Kasih bapak sepanjang jalan
Kasih teman selagi ada
Kasih saudara selagi baik


Remaja Muslim Laki-laki dan Perempuan !

Hati-hatilah menjaga diri, karena di mana-mana banyak kecelakaan.
Ada kecelakaan di jalan… tabrakan
Ada kecelakaan di kamar… tubrukan
Ada kecelakaan pendaki gunung
Ada pula kecelakaan dapat gunung


Kecelakaan selalu mengintai kalian berdua wahai remaja laki-laki dan remaja perempuan. Yang menimpa remaja perempuan selalu lebih parah dan kejam.

Kalau laki-laki jatuh ke lembah nista yang satu ini, jatuhnya jatuh kelapa. Sampai tujuh kali jatuhpun masih utuh dan harganya belum merosot.

Tetapi… kalau perempuan jatuh ke lembah nista, maka jatuhnya jatuh telur. Sekali jatuh hancur dan susah dipungut kembali.

Ikau remaja bura’nea rapangko kaluku, manna pintujung kalukua ammattung tangngapa-apai tena napanra, tena todong nasosok ballinna.

Mingka… ikau remaja bainea… kontuko bayao, punna ammattungko sikali… apaji nureppe. Napunna reppemaki susami pa’matu-matuanna, lammoromi ballinna… punna paeng upa.

Mingka punna cilakaki… apaji nanakanamo tu bura’nea manna nusareang kale-kalea tacinna… naudzubillaahi min dzaalik…


Dalam Al Qur’an Tuhan menyebut tentang pencuri

وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُواْ أَيْدِيَهُمَا جَزَاء بِمَا كَسَبَا

Pencuri laki-laki dan pencuri perempuan potong tangannya masing-masing.

Dalam Al Qur’an Allah menerangkan tentang pezina

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا مِئَةَ جَلْدَةٍ

Pezina perempuan dan pezina laki-laki masing-masing cambuk 100 kali

Dalam menyebut pencuri Allah mendahulukan laki-laki daripada perempuan oleh sebab lebih banyak pencuri laki-laki dan kurang sekali pencuri perempuan.

Tetapi dalam menyebut pezina… Allah mendahulukan pezina perempuan kemudian pezina laki-laki. Padahal mungkin pezina laki-laki sama banyak dengan pezina perempuan. Tetapi perempuan yang jual, laki-laki yang beli. Beli mahal saja laki-laki mau apalagi kalau beli murah… apalagi… obral.


Nakana tau toayya… antu bura’nea kapakeanna memangji

Kalau perempuan tahu diri… maka laki-laki akan segan… dan takut.

Kata orang tua jangan mereka dibiarkan berdua-duaan. Mereka seperti kucing dengan dendeng. Laki-lakinya kucing, wanitanya dendeng. Kalau Cuma kucing suka sama dendeng mudah saja mengawasinya. Kurung saja kucingnya habis perkara. Yang susah kalau kucingnya lagi diam-diam, dendeng datang mengajak… kucing pasti mau kecuali kucingnya lagi sakit… dia akan menolak.


Anak-anakku remaja putri… tolong dengar saya mau berpantun:

Lain bengkulu

Lain semarang

Lain dahulu

Lain sekarang

Di bengkulu kuda menarik bendi

Di semarang bendi menarik kuda

Dulu lelaki mencari wanita

Apakah sekarang wanita mencari lelaki?

Ini adalah penyakit ganas… lebih ganas dari kanker, lebih ganas dari AIDS. Obatnya belum ditemukan, oleh sebab itu perlu dijaga jangan sampai sakit. Dari sejak dini perlu di imunisasi… dengan apakah imunisasinya ???
Jangan baca buku porno
Jangan nonton film cabul
Jangan berdua-duaan
Jangan melamun tidak ada kesibukan… cari kesibukan
Kalau dirasakan ada sentakan tensi sex naik… ber-puasalah…!!! Senin atau kamis


Jangan ditunggu penyakit ini datang, sebab kalau ia datang… maka ia sendiri yang akan bicara yang lain digeser ke tepi…

Gejalanya adalah…
Nafsu makan turun
Nafsu minum kurang
Nafsu kerja tidak ada
Nafsu tidur hilang
Cuma nafsu itu yang ada

Allaahu akbar 2x walillaahil hamd

Jamaah Id yang berbahagia

Puasa yang telah kita lakukan mudah-mudahan berbuah Taqwa. Kedudukan Taqwa di sisi Allah adalah kedudukan yang paling mulia. Untuk mengetahui apakah puasa kita ini telah mengangkat derajat Taqwa kita, maka Allah Subhaana Wata’ala memberi isyarat dalam Al Qur’an…



Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
Orang yang menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun diwaktu kekurangan
Orang yang menahan amarahnya
Orang yang memaafkan kesalahan orang lain, Allah menyukai orang yang berbuat kebajikan
Dan orang yang bila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat Allah, lalu memohon ampunan terhadap dosa-dosa mereka.

Sibulang sallota appuasa, napunna niakki ampattojeng-tojengi appuasaya, attarawe kammayatompa appittaraka, ma’nassa natabamaki antu janjinna Allah Ta’ala iamintu antama ri bilanganna tau taqwaya. Napammopporang sikamma dosata kontuki tau beru nilassukang.

Nia appa akkacinikang naballaki ri sesena tau niaka taqwa, iamiantu:
Lammoroki assare-sare riparanna tau nabella risipa gi’gilika, sibaku paro’battanna kikkiri dongko’na ka’biliki tanruka punna iamamo lassare-sare
Tena napabballisang passangngalinna lammoro muri-muri siagang baji ampe riparanna rupa tau.
Punna nia tau ampa’risi atinna napammopporangi siagang tena nammoli sassa lalang tena todong nangngammu taipa lolo
Punna nipa’lingui sanggenna nanggaukan gau sala apaji naliba angngu’rangi, toba appala popporo mange ri karaengna nasaba kasalang le’baka nagaukang.


Dasi-dasi anne appaka niaji massing kiballaki nalanri le’battamo appuasa ri bulang rumallanga.

Lalu apa hadiah Allah bagi orang yang bertaqwa… ?

Bila derajat dan predikat taqwa sudah kita miliki, janji Allah yang pasti kita terima adalah:
Memperoleh makna hidup di dunia dan di akhirat (An Naba’: 31-35)
Dikeluarkan dari kesulitan (At Thalaq: 2)
Allah akan memberikan rizkinya dari pintu yang tidak terduga (At Thalaq: 3)
Mudah segala urusannya (At Thalaq: 4)
Dihapus segala dosanya dan dilipatgandakan pahalanya (At Thalaq: 5)


Allahu akbar 2x walillaahil hamd…..

Menahan marah adalah puasa

Menahan kikir adalah puasa

Menahan nafsu adalah puasa

Maaf-memaafkan adalah puasa dan itulah yang bisa kita lakukan hari ini

Ulurkan tangan pada teman

Rangkul teman sejenis

Bersimpuh sungkur di hadapan yang tua-tua…

Baraqallaahu minnaa waminkum

Taqabbalallaahu minnaa waminkum,

Rabbanaa dzhalamnaa amfusanaa

Wa illam taghfirlanaa

Watarhamnaa

Lanakuunannaa minal khaasiriin

Washallallaahu ‘alaa Muhammad

Wa aalihi washahbihii wasallim ajma’iin

Walillaahil hamd

Wassalamu ‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

2 komentar:

  1. tolong kalau menyadur atau mengcopy cantumkan sumbernya

    BalasHapus
  2. khutbanya bagus bisa jadi referensi trima kasih sudah share kalua masih ada yang lain jangan bosan2 dishare kembali hehe

    BalasHapus